Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29916
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorILHAM, SOLEH SILITONGA-
dc.date.accessioned2025-11-07T03:08:21Z-
dc.date.available2025-11-07T03:08:21Z-
dc.date.issued2025-09-08-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29916-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis keteladanan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai Islam di era digital pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan. Di tengah kemajuan teknologi informasi yang pesat, guru PAI diharapkan tidak hanya menjadi penyampai ilmu agama, tetapi juga menjadi teladan dalam perilaku dan pemanfaatan teknologi secara Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan guru PAI tampak dalam sikap disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan kesantunan, serta dalam penggunaan media digital untuk dakwah dan pembelajaran. Faktor pendukung meliputi dukungan sekolah, sarana teknologi yang memadai, dan kesadaran guru terhadap perannya sebagai teladan. Adapun faktor penghambat antara lain pengaruh negatif media sosial dan kurangnya kontrol terhadap penggunaan gawai oleh siswa. Secara keseluruhan, keteladanan guru PAI memiliki dampak positif terhadap pembentukan karakter Islami siswa dan penggunaan teknologi secara bijak di era digital.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectKeteladanan Guruen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectNilai-Nilai Islamen_US
dc.subjectEra Digitalen_US
dc.titleANALISIS KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI ISLAM DI ERA DIDITAL PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi bismillah-1.pdfFull Text686.42 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.