Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29910Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | Arthawiah, Elza | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-06T11:56:38Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-06T11:56:38Z | - |
| dc.date.issued | 2025-08-29 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29910 | - |
| dc.description.abstract | Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Media Animasi terhadap Penggunaan Kalimat Tanya Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD PAB 4 Manunggal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media animasi terhadap penggunaan kalimat tanya siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SD PAB 4 Manunggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media animasi terhadap penggunaan kalimat tanya siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SD PAB 4 Manunggal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini siswa kelas II SD PAB 4 Manunggal yang berjumlah sebanyak 50 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah probability sampling yang dimana peneliti menggunakan seluruh populasi. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas II-A berjumlah 25 siswa dan siswa kelas II-B berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji t-test dengan uji prasyarat seperti uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media animasi mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 , menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang diberikan oleh masing masing variabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh media animasi terhadap penggunaan kalimat tanya siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan memperoleh rata-rata penggunaan kalimat tanya siswa pada kelas kontrol sebesar 44,4. Sedangkan rata-rata penggunaan kalimat tanya siswa pada kelas eksperimen sebesar 83,2. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media animasi terhadap penggunaan kalimat tanya siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SD PAB 4 Manunggal. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | media animasi | en_US |
| dc.subject | kalimat tanya | en_US |
| dc.title | Pengaruh Media Animasi terhadap Penggunaan Kalimat Tanya Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD PAB 4 Manunggal | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| ELZA ARTHAWIAH (2002090087).pdf | Full Text | 4.59 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.