Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29909
Title: Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Reinforcement untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Man 3 Medan Tahun Ajaran 2024/2025
Authors: Syahputra, M Fikri Arif
Keywords: Bimbingan Kelompok;Teknik Reinforcement;Minat belajar
Issue Date: 7-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Reinforcement Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas X MAN 3 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas � �−6 MAN 3 Medan, peneliti menggunakan 10 siswa untuk kelompok kontrol dan 10 siswa pada kelompok eksperimen sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepada siswa untuk mengetahui minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada minat belajar siswa setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok, maka dapat dikatakan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Reinforcement efektif dalam meningkatkan minat belajat pada siswa. Hasil uji analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan Probabilitas 𝐴𝑠𝑦𝑚𝑝.𝑆𝑖𝑔.(2 𝑡𝑎𝑖𝑙𝑒𝑑) siswa pada kelompok eksperimen sebesar 0,005 probabilitas dibawah alpha 0,05 dimana (0,005 < 0.05) dan uji analisis Kolmogorov Smirnov Two Independent Samples diperoleh nilai Asymp Sig kurang dari alpha (0,001 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Reinforcement efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X MAN 3 Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29909
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI dan LAMPIRAN M FIKRI ARIF SYAHPUTRA 2102080004.pdfFull Text7.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.