Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29908
Title: Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V Di SD Negeri 106148 Bulu Cina Deli Serdang Sumatera Utara
Authors: Siregar, Ardilla Azzahra
Keywords: Hasil belajar;Pelajarana PKN
Issue Date: 7-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) di SD Negeri 106148 Bulu Cina, Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana siswa dalam minat belajar terhadap mata pelajaran PKN. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa, sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan desktiptif Lokasi penelitian ini di lakukan pada SD Negeri 106148 Bulu Cina Deli Serdang Sumatera Utara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Hasil belajar siswa Hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan distribusi nilai siswa ke arah yang lebih tinggi, dengan nilai rata-rata 86,54 dan modus nilai pada kategori tinggi (90). Hal ini mencerminkan bahwa proses pembelajaran PKN yang diterapkan mampu meningkatkan pemahaman sebagian besar siswa terhadap materi yang diajarkan. Meskipun hasil post-test menunjukkan capaian yang baik secara umum, masih terdapat beberapa siswa dengan nilai di bawah standar minimal. Oleh karena itu, diperlukan bimbingan tambahan dan pendekatan pembelajaran individual guna memastikan pemerataan hasil belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran secara menyeluruh.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29908
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARDILLA AZZAHRA SIREGAR.pdfFull Text5.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.