Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29896
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorROZY, SEPTIANSYAH-
dc.date.accessioned2025-11-06T04:47:10Z-
dc.date.available2025-11-06T04:47:10Z-
dc.date.issued2025-02-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29896-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menggunakan buku ajar Durusu al-Lughah bahasa arab di pesantren modern Nurul Hakim, Untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan buku ajar Durusu al-Lughah di pesantren modern Nurul Hakim, Untuk menganalisis kesesuaian sistematika dan subtansi buku ajar Durusu al-Lughah dengan kurikulum bahasa Arab di pesantren modern Nurul Hakim. Metode penelitian ini menggunakan metode KUALITATIF metode kualitatif lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke subtansi makna dari fenomena tersebut. Analisis dan ketajaman penelitian kualitatif sangat terpengaruh pada kekuatan kata dan kalimat yang digunakan. Secara teoritis, hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan serta menjadi referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan penggunaan buku ajar Durusu al-Lughah bahasa arab di pesantren modern Nurul Hakim. Bagi praktisi pengajar, hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemahkan bahasa arab yang telah di terapkan dan di pelajari. Bagi siswa, hasil penelitian ini diharapkan akan menjadikan siswa tidak hanya dapat membaca ataupun menghafal bahasa arab saja tetapi dapat menerjemahkannya. Mata pelajaran bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik Reseptif maupun Produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan. orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa alat komunikasi baik secara lisan maupun tulisan.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectAnalisisen_US
dc.subjectbukuen_US
dc.titleANALISIS PENGGUNAAN BUKU AJAR DURUSU AL-LUGHAH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN MODERN NURUL HAKIMen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SEPTIANSYAH ROZY (2).pdfFull Text2.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.