Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29895Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | MAULIDA, SALSABILA | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-06T04:44:37Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-06T04:44:37Z | - |
| dc.date.issued | 2025-08-28 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29895 | - |
| dc.description.abstract | Komunikasi menjadi aspek penting dan kunci terciptanya proses belajar yang maksimal. Dengan komunikasi, terjadi pertukaran ide, instruksi, dan umpan balik antara guru dan siswa. Hal ini sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, dan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, yang menyatakan bahwa seorang guru harus mampu menggunakan komunikasi secara efektif, bukan hanya secara lisan, tapi juga tulisan dan isyarat. Di SMP Islam An-Nizam Medan, sebagai salah satu institusi pendidikan swasta berbasis Islam di kota Medan, berbagai inovasi pembelajaran mulai diterapkan guna meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Penerapan model PjBL mulai diperkenalkan sebagai strategi untuk mengembangkan keterampilan, khususnya kreativitas. Namun demikian, efektivitas implementasi PjBL di sekolah ini sangat bergantung pada bagaimana komunikasi pembelajaran dibangun dan dijalankan oleh para guru di dalam kelas. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran komunikasi pembelajaran dalam penerapan Project Based Learning di SMP Islam An-Nizam Medan, dengan fokus pada bagaimana komunikasi tersebut mempengaruhi peningkatan kreativitas siswa. Guru selalu responsif terhadap pertanyaan siswa dengan menjawab secara cepat dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sehingga membuat siswa lebih percaya diri untuk bertanya dan aktif dalam pembelajaran. Hubungan positif antara guru dan siswa terjalin melalui komunikasi dua arah, baik di dalam kelas maupun secara personal, dengan memahami kebutuhan belajar siswa melalui diskusi empat mata dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | Komunikasi Pembelajaran | en_US |
| dc.subject | Project Based Learning (PjBL) | en_US |
| dc.subject | SMP Islam An-nizam Medan | en_US |
| dc.title | PERAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM PROYEK BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA SMP ISLAM AN-NIZAM MEDAN | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Communication Studies | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI MAULIDA SALSABILA.pdf | Full Text | 6.83 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.