Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29880
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANASTASYA, KHAYLA-
dc.date.accessioned2025-11-06T04:17:05Z-
dc.date.available2025-11-06T04:17:05Z-
dc.date.issued2025-07-06-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29880-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik interaktif digital dan menguji kelayakan media komik interaktif digital pada pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Instrumen peneltian yang digunakan yaitu validasi ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap analisis mencakup pada analisis kebutuhan dan analisis karakteristik peserta didik. Tahap desain mencakup pada tahapan merancang media yang dikembangkan serta menyusun instrumen. Tahap pengembangan mencakup pada kevalidan dari tiga para ahli. Tahap implementasi yaitu tahap uji coba produk kepada guru dan siswa. Subjek penelitian pada pengembangan yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa. Sedangkan, subjek penelitian pada implementasi atau tahap uji coba kepraktisan yang terlibat antara lain guru dan siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli materi 100% masuk dalam kriteria “sangat valid”, validator ahli desain 94% masuk dalam kriteria “sangat valid” dan validator ahli bahasa 100% masuk dalam kriteria “sangat valid”. Pada kepraktisan guru yang diperoleh mendapatkan persentase100% masuk dalam kriteria “sangat praktis”. Pada uji coba produk yang dilakukan pada kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan dengan jumlah siswa 25 orang. Dari keseluruhan respon siswa mendapatkan 88.08% masuk dalam kriteria “sangat praktis”. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran komik interaktif digital layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pecahan untuk siswa kelas III Sekolah Dasar.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectmedia pembelajaranen_US
dc.subjectkomik interaktif digitalen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA KOMIK INTERAKTIF DIGITAL MATERI PECAHAN SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 18 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KHAYLA ANASTASYA2102090199.pdfFull Text8.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.