Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29874
Title: HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 066659 MEDAN MARELAN
Authors: RANI, JUWITA
Keywords: Gaya Mengajar Guru;Minat Belajar Siswa;Matematika;Korelasi
Issue Date: 26-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 066659 Medan Marelan. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran Matematika yang terlihat dari kurangnya antusiasme, keterlibatan, dan perhatian siswa selama proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 orang, dengan teknik total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian berupa angket gaya mengajar guru dan angket minat belajar siswa, yang telah divalidasi melalui expert judgment. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Product Moment Pearson dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,414 dengan rtabel sebesar 0,312, sehingga r > rtabel yang berarti terdapat hubungan signifikan antara gaya mengajar guru dan minat belajar siswa. Nilai koefisien determinasi sebesar 17,14% menunjukkan bahwa gaya mengajar guru berkontribusi terhadap minat belajar siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan penelitian ini adalah semakin baik gaya mengajar guru, semakin tinggi minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29874
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Rani Juwita.pdfFull Text2.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.