Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29863
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFAZAR, MAULANA-
dc.date.accessioned2025-11-06T03:30:07Z-
dc.date.available2025-11-06T03:30:07Z-
dc.date.issued2025-09-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29863-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan strategi penerapan Metode Tabarak dalam meningkatkan keberhasilan proses hafalan Al-Qur'an di Rumah Tahfizh Daarul Yunus Binjai. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan hafalan dipengaruhi oleh strategi motivasi guru, penggunaan media audio-visual, serta konsistensi muraja’ah. Penerapan tahapan mendengarkan, mengulang, dan setoran hafalan secara bertahap, didukung media rekaman murattal, mampu meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas hafalan santri. Faktor internal seperti motivasi intrinsik dan eksternal seperti motivasi dari guru dan orang tua turut berperan penting dalam menjaga semangat belajar santri. Hambatan utama meliputi keterbatasan fasilitas teknologi dan variasi kemampuan santri, namun dapat diatasi melalui inovasi metode dan komunikasi efektif. Kesimpulan menunjukkan bahwa strategi guru yang tepat dan lingkungan belajar kondusif sangat berpengaruh terhadap keberhasilan hafalan, serta penerapan Metode Tabarak memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas dan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur'an.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectMetode Tabaraken_US
dc.subjectHafalan Al-Qur'anen_US
dc.titleStrategi Guru Dalam Peningkatan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tabarak Pada Santri Di Rumah Tahfizh Daarul Yunus Binjaien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2101020094 - Skripsi Maulana Fazar.pdfFull Text2.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.