Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29838Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | Harahap, Fachrul Roza | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-05T09:52:19Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-05T09:52:19Z | - |
| dc.date.issued | 2025-09-12 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29838 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi sistem evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sedang berjalan, merumuskan strategi evaluasi yang menyeluruh dan berkelanjutan, serta mengukur dampak implementasi strategi tersebut dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Muhammadiyah 56 Binjai. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan evaluasi PAI yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, melainkan juga afektif dan psikomotorik, sejalan dengan tuntutan kurikulum dan pembentukan karakter Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PAI, dan siswa, serta observasi langsung dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem evaluasi PAI di SMP Muhammadiyah 56 Binjai telah menerapkan pendekatan komprehensif yang mencakup penilaian kognitif (melalui tes tertulis), afektif (melalui observasi perilaku), dan psikomotorik (melalui praktik ibadah). Strategi evaluasi ini bersifat berkelanjutan dengan pemberian umpan balik langsung dan integrasi dengan program keagamaan sekolah. Implementasi strategi ini berdampak positif signifikan terhadap peningkatan pemahaman materi, penguatan karakter, dan peningkatan keterampilan praktis siswa. Meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan waktu, dukungan manajemen sekolah dan kompetensi guru menjadi faktor pendukung utama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi evaluasi yang menyeluruh dan berkelanjutan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI secara holistik. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | Evaluasi Pembelajaran | en_US |
| dc.subject | PAI | en_US |
| dc.subject | Menyeluruh | en_US |
| dc.subject | Berkelanjutan | en_US |
| dc.title | Strategi Evaluasi Pembelajaran Pai Yang Menyeluruh Dan Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Swasta Smp Muhammadiyah 56 Binjai | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Islamic Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI FACHRUL ROZA HARAHAP.pdf | Full Text | 1.74 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.