Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29831| Title: | INOVASI MEDIA VIDEO ANIMASI 2 DIMENSI PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDIT PUTRI ALIIFAH MEDAN |
| Authors: | DEWI, WIRANA |
| Keywords: | Inovasi Media;Video Animasi;2 Dimensi;Pembelajaran IPAS |
| Issue Date: | 9-Sep-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan video animasi 2 dimensi pada pembelajaran IPAS, mulai dari tahap perencanaan, pembuatan, hingga evaluasi media yang digunakan. Untuk Menganalisis respon siswa terhadap penggunaan media video animasi 2 dimensi pada pembelajaran IPAS, baik dari segi ketertarikan, pemahaman materi, maupun motivasi belajar yang ditimbulkan. Untuk Menilai tingkat kepraktisan video animasi 2 dimensi pada pembelajaran IPAS, meliputi kemudahan penggunaan oleh guru dan siswa, kesesuaian dengan materi, serta efektivitasnya dalam mendukung proses pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media video animasi 2 dimensi pada pembelajaran IPAS terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pengamatan dan evaluasi selama uji coba, terjadi peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPAS yang diajarkan, yang terlihat dari hasil tes belajar maupun aktivitas kelas. Media ini juga berperan dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, karena format video animasi yang dinamis dan komunikatif membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan demikian, inovasi media ini tidak hanya memenuhi aspek validitas dan kepraktisan, tetapi juga berdampak positif pada efektivitas pembelajaran. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29831 |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI DEWI WIRANA.pdf | Full Text | 2.64 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.