Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29824Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | Yudi, Ardiansyah | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-05T07:48:51Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-05T07:48:51Z | - |
| dc.date.issued | 2025-08-13 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29824 | - |
| dc.description.abstract | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan metode pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen pre-eksperimen designs one group pree test-post test yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol). Populasi ini diambil dari seluruh kelas sebanyak 30 orang dan Sampel yang diambil dari seluruh siswa VIII –E yaitu 30 orang. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu pree test dan post test. Pengolahan analisis data ini menggunakan rumus product moment, reliabilitas, dan uji ‘t” hipotesis. Hasil analisis statistik deskriptif terhadap hasil prestasi belajar siswa terhadap metode pembelajaran interaktif positif, pemahaman materi dan konsep dari Pendidikan Agama Islam dengan metode pembelajaran interaktif ini menunjukkkan hasil prestasi belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan metode pembelajaran interaktif. Hasil analisis statistic inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 5,31 dengan frekuensi db = 30 –1 = 29, pada taraf signifikansi 0.5% diperoleh t Tabel = 2,04. Jadi, t Hitung > t tabel (5,31> 2,04) atau hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mempunyai pengaruh yang signifikan dari pada sebelum metode pembelajaran interaktif. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | Metode Pembelajaran Interaktif | en_US |
| dc.subject | Prestasi Belajar | en_US |
| dc.title | PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Islamic Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI YUDI.pdf | Full Text | 3.2 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.