Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29787Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | Siregar, Julia | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-04T10:31:07Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-04T10:31:07Z | - |
| dc.date.issued | 2025-04-23 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29787 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan perilaku asertif siswa menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing siswa Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong. Subjek penelitian ini adalah kelas VI Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong yang berjumlah 8 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 8 orang yang diambil berdasarkan skor total dari pengisian instrumen angket yang mengandung karakteristik perilaku asertif siswa yang di sebar pada siswa kelas yang di anggap mengalami perilaku asertif yang cenderung rendah ada 7 orang, dan sangat rendah 1 orang. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama-sama guru Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya bimbingan kelompok dengan teknik role playing (pretest) keadaan perilaku asertif siswa cenderung rendah dengan rata-rata 45,3 dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik role playing (posttest) perkembangan perilaku asertif siswa mengalami peningkatan cenderung sangat tinggi dengan rata-rata 80. Dari hasil uji hipotesis diperoleh terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, dengan segnifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berhasil untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas VI Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | Bimbingan Kelompok | en_US |
| dc.subject | Teknik Role Playing | en_US |
| dc.subject | Perilaku Asertif | en_US |
| dc.title | Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Guidance and Counseling | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI JULIA SIREGAR.pdf | Full Text | 817.39 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.