Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29745
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNINGSIH, CICI SEPRIDA-
dc.date.accessioned2025-11-04T03:15:26Z-
dc.date.available2025-11-04T03:15:26Z-
dc.date.issued2025-08-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29745-
dc.description.abstractFenomena masalah yang dihadapi dalam pendidikan di Indonesia, terutama di SMP Swasta Salsa Cinta Rakyat, adalah kurangnya penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik. Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang masih belum mencerminkan nilai-nilai religius, disiplin, tanggung jawab, dan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik serta strategi yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi di SMP Swasta Salsa Cinta Rakyat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran penting dalam menanamkan nilai nilai karakter melalui pendekatan kontekstual dan interaktif, serta kolaborasi dengan guru mata pelajaran lain. Namun, terdapat tantangan yang dihadapi, seperti perbedaan pandangan agama dan tekanan dari teman sebaya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan karakter di sekolah.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectnilai-nilai karakteren_US
dc.titlePERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP SWASTA SALSA CINTA RAKYATen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BAB 1-5 CICI seprida (1) (1) (1).pdfFull Text2.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.