Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29729
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIDDIQ, MUHAMMAD BAGUS-
dc.date.accessioned2025-11-04T02:15:28Z-
dc.date.available2025-11-04T02:15:28Z-
dc.date.issued2025-08-29-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29729-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar komik multibahasa etnis disumatera utara di tingkat sekolah dasar. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang mencakup tahap Analisis, Desain, Pengembangan, dan Implementasi. Meskipun penelitian ini terbatas pada empat tahap, hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa bahan ajar komik yang dikembangkan memiliki kelayakan yang sangat baik, dengan nilai validasi mencapai 93% dari ahli desain media, 88% dari ahli materi, dan 92% dari ahli bahasa. Uji coba dilakukan di kelas V MIS NURUL IMAN dengan melibatkan 20 siswa, yang menunjukkan tingkat kepraktisan bahan ajar sebesar 93% untuk guru dan 96% untuk siswa, keduanya dalam kategori "sangat praktis". Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar uji coba dilakukan di lebih banyak kelas atau sekolah untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dan representatif. Selain itu, pengembangan bahan ajar selanjutnya perlu mempertimbangkan variasi dan daya tarik yang lebih besar untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar IPAS, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectBahan ajaren_US
dc.subjectkomiken_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK MULTIBAHASA ETNIS DI SUMATERA UTARA KELAS V DI MIS NURUL IMANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi bagus.pdfFull Text6.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.