Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29683
Title: EDUKASI PROGRAM GADGET SEHAT PADA SISWA AL-ULUM TERPADU MEDAN DALAM PENGGUNAAN AKUN MEDIA SOSIAL
Authors: MUHAJIR, MHD FAKHRI
Keywords: Edukasi Program Gadget Sehat;Media Sosial
Issue Date: 28-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan serta dampak program edukasi gadget sehat pada siswa SMA Al-Ulum Terpadu Medan, khususnya terkait penggunaan akun media sosial, dengan fokus pada aplikasi TikTok. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap lima orang siswa SMA Al-Ulum Medan, observasi dan dokumentasi. Dalam era digital saat ini, penggunaan media sosial, terutama TikTok, telah menjadi bagian integral dari kehidupan remaja. Penelitian ini menemukan bahwa siswa menyadari potensi positif TikTok sebagai sumber informasi, namun juga menghadapi tantangan dalam manajemen waktu dan dampak negatif dari penggunaan yang berlebihan. Melalui wawancara dengan siswa, terungkap bahwa mereka memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya edukasi gadget sehat, termasuk manajemen waktu, keamanan data, dan identifikasi hoaks. Meskipun lingkungan sekolah sudah mendukung, siswa berharap adanya peningkatan dalam implementasi program edukasi agar lebih efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa program edukasi gadget sehat di SMA Al-Ulum Terpadu Medan memiliki peran penting dalam membentuk kesadaran siswa akan penggunaan media sosial yang bijak. Oleh karena itu, disarankan untuk mengintensifkan dan memvariasikan program edukasi guna mencapai perilaku digital yang lebih sehat dan bertanggung jawab.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29683
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FAKHRI (1) (1) (1)-2 (1).pdfFull Text3.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.