Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29673
Title: PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENYUSUNAN RKAS DENGAN EVALUASI DIRI SEKOLAH SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI SEKOLAH SLTP DAN SLTA MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN
Authors: FADHILLAH, NURUL
Keywords: Partisipasi Anggaran;Kompetensi SDM;Penyusunan RKAS;Evaluasi Diri Sekolah;Moderasi
Issue Date: 9-Sep-2025
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi anggaran dan kompetensi sumber daya manusia terhadap penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) pada sekolah tingkat SLTP dan SLTA Muhammadiyah di Kota Medan, dengan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode analisis regresi moderasi (Moderated Regression Analysis), dengan jumlah sampel sebanyak 78 responden yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas penyusunan RKAS. Demikian pula, kompetensi sumber daya manusia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penyusunan RKAS. Evaluasi Diri Sekolah (EDS) terbukti sebagai variabel moderasi yang memperlemah hubungan antara partisipasi anggaran dan penyusunan RKAS, serta memperlemah hubungan antara kompetensi sumber daya manusia dan penyusunan RKAS, meskipun pengaruhnya tetap positif dan signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun EDS mengarahkan proses perencanaan keuangan yang lebih terstruktur dan berbasis data, keberadaannya juga dapat membatasi ruang kontribusi langsung dari partisipasi dan kompetensi individu.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29673
Appears in Collections:Masters in Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS NURUL FADHILLAH 2320050016.pdf5.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.