Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29626
Title: Analisis Semiotika Iklan Layanan Masyarakat Migrasi Ke Tv Digital “Pasti Cling” Di Channel Youtube Zonatipi
Authors: Wardhana, Akbar
Keywords: Semiotika;Roland Barthes Iklan Layanan Masyarakat
Issue Date: 28-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan layanan masyarakat "Pasti Cling" yang diproduksi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan stasiun televisi Indosiar.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes, yang mengkaji makna dalam iklan berdasarkan dua tingkat tanda, yaitu denotatif dan konotatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini menggambarkan perbedaan kualitas antara TV analog dan TV digital melalui representasi visual dan ekspresi emosional para tokohnya. Pada level denotatif, iklan memperlihatkan kesulitan yang dialami pengguna TV analog serta perbaikan kualitas gambar dan suara setelah beralih ke TV digital. Sementara itu, pada level konotatif, iklan ini menyampaikan pesan bahwa TV digital adalah simbol kemajuan teknologi yang meningkatkan kenyamanan dan keharmonisan keluarga dalam menikmati tayangan televisi.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29626
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AKBAR WARDHANA_1803110164.pdf1.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.