Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29505Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | SUNARDI, NIRZAL | - |
| dc.date.accessioned | 2025-10-29T03:49:54Z | - |
| dc.date.available | 2025-10-29T03:49:54Z | - |
| dc.date.issued | 2025-07-24 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29505 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Nurul Fadhilah. Latar belakang penelitian ini adalah potensi besar masjid sebagai pusat pendidikan Islam yang komprehensif, sebagaimana dicontohkan pada masa Rasulullah SAW, berbanding terbalik dengan pemanfaatannya saat ini yang masih terbatas pada kegiatan ritual ibadah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi pemanfaatan masjid saat ini, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta merumuskan strategi optimalisasi pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru PAI, dan siswa, serta studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masjid di Madrasah Aliyah Nurul Fadhilah memiliki fasilitas yang sangat memadai, namun pemanfaatannya masih didominasi kegiatan ritual. Faktor pendukung meliputi ketersediaan fasilitas lengkap dan organisasi siswa yang aktif, sedangkan faktor penghambat utama adalah keterbatasan alokasi waktu dalam kurikulum formal. Strategi optimalisasi yang dirumuskan meliputi pemanfaatan fasilitas untuk pembelajaran praktis yang lebih intensif (shalat jenazah, tilawah, pidato), peningkatan frekuensi dan variasi kegiatan berbasis masjid, pengembangan program terstruktur yang terintegrasi dengan kurikulum PAI, serta pemberdayaan siswa sebagai agen pembelajaran aktif. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa optimalisasi pemanfaatan masjid sebagai sarana pembelajaran PAI dapat meningkatkan kualitas dan motivasi belajar siswa serta membentuk karakter religius yang kuat, dengan syarat adanya integrasi kurikulum, diversifikasi program, koordinasi antar stakeholder, manajemen waktu yang efisien, dan pemberdayaan siswa. | en_US |
| dc.publisher | umsu | en_US |
| dc.subject | Masjid | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran Agama Islam | en_US |
| dc.title | STRATEGI PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NURUL FADHILAH | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Islamic Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 2001020030.pdf | Full Text | 3.8 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.