Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29484
Title: PENERAPAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI YANG MENGALAMI BULLYING DISEKOLAH YAYASAN PERGURUAN MADINATUSSALAM
Authors: RIYAN, NINGSIH
Keywords: Konseling Kelompok;Pendekatan Humanistik;Kepercayaan Diri;Siswa Kelas XI;Bullying;Sekolah;Yayasan Perguruan Madinatussalam
Issue Date: 7-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: "Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan bagian integral dari sistem pendidikan yang bertujuan membantu peserta didik dalam mengembangkan potensi diri dan mengatasi berbagai permasalahan akademik, sosial, dan emosional." (Sumber: Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional). Layanan BK bertujuan membantu siswa dalam mencapai perkembangan optimal sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangannya." (Sumber: Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling di Pendidikan Dasar dan Menengah). Guru BK sebagai tenaga profesional bertanggung jawab dalam memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, baik dalam aspek akademik, karier, maupun pengembangan pribadi." (Sumber: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan). Implementasi pendidikan BK yang efektif akan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan serta menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik." (Sumber: Penelitian tentang Bimbingan dan Konseling di Sekolah). BK di sekolah tidak hanya berperan dalam memberikan arahan terhadap pilihan karier, tetapi juga membantu siswa dalam menghadapi berbagai tantangan psikologis yang dapat mempengaruhi proses belajar mereka." (Sumber: Teori Bimbingan dan Konseling).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29484
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
aaningsih.pdfFull Text5.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.