dc.description.abstract |
Keputusan Pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk
melakukan pembelian sebuah produk. Banyak faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen, diantaranya adalah persepsi dan motivasi
terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan
motivasi terhadap keputusan pembelian konsumen Wardah pada Mahasiswi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan sampel 100
Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara (UMSU) yang menggunakan kosmetik Wardah dalam 1 tahun terakhir.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang diuji
validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda, uji
asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ada pengaruh persepsi secara parsial terhadap keputusan
pembelian konsumen Wardah pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan nilai t hitung
3,823>t tabel 1,984 dan ada pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian
konsumen Wardah pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan nilai t hitung 7,037>t tabel
1,984 serta ada pengaruh persepsi dan motivasi secara simultan dan signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen Wardah pada Mahasiswi Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
dengan nilai F hitung 133,845>F tabel 3,09. Nilai koefisien determinasi sebesar
0,734 atau 73,4% kontribusi persepsi dan motivasi terhadap keputusan pembelian
konsumen Wardah pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sedangkan sisa nya yaitu 0,266 atau
26,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. |
en_US |