Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29461
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTAMRIN, HUSIN-
dc.date.accessioned2025-10-28T07:37:02Z-
dc.date.available2025-10-28T07:37:02Z-
dc.date.issued2025-06-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29461-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class terhadap kreativitas peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 25 Medan. Batasan masalah dalam penelitian ini Berdasarkan identifikasi masalah diatas, maka batasan masalah dalam penelitian ini adalah: Metode Pembelajaran Kontekstual berbasis Outing Class untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD Muhammadiyah 25 Medan.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class terhadap kreativitas peserta didik di kelas V SD Muhammadiyah 25 Medan. Manfaat dalam penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi pembaca mengenai kreativitas peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Va dan kelas Vb yang berjumlah 50 siswa. Kelas Va berjulmlah 2 peserta didik yang terdiri dari 16 laki-laki dan 10 perempuan sedangkan kelas Vb berjumlah 24 peserta didik terdiri dari 16 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2025 di SD Muhammadiyah 25 Medan. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik sensus/sampling total. Instrumen peneltian ini yang digunakan yaitu lembar tes. Pengujian hipotesis menggunakan indepent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class dan tanpa menggunakan metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class. Berdasarkan signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima atau terdapat adanya Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kontekstual Berbasis Outing Class Terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah 25 Medan.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectMetode Pembelajaran Outing Classen_US
dc.subjectKreativitas Peserta Didiken_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS OUTING CLASS TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH 25 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Husin Tamrin FIKS.pdfFull Text10.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.