Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29457Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | TUSADIAH, HALIMAH | - |
| dc.date.accessioned | 2025-10-28T07:25:46Z | - |
| dc.date.available | 2025-10-28T07:25:46Z | - |
| dc.date.issued | 2025-09-09 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29457 | - |
| dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kelompok bimbingan Pusat Bimbingan Kepong berhasil dalam meningkatkan efikasi diri anak-anak sekolah dasar di kelas tiga. Efikasi diri seseorang dapat didefinisikan sebagai kepercayaan diri mereka dalam kemampuan mereka sendiri untuk menyelesaikan tugas atau menghadapi situasi yang menantang. Dengan menggunakan desain kuasi-eksperimental satu kelompok pretes-postes, penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif. Sepuluh siswa kelas tiga, berkisar usia delapan hingga sembilan tahun, yang menjadi bagian dari kelompok bimbingan Pusat Bimbingan Kepong selama tahun ajaran 2024-2025 membentuk populasi penelitian. Pengambilan sampel jenuh atau pengambilan sampel keseluruhan adalah metode yang digunakan untuk proses pengambilan sampel. Instrumen penelitian disesuaikan dengan sifat-sifat khusus murid sekolah dasar dan memanfaatkan skala efikasi diri yang tervalidasi. Untuk penelitian ini, kami menggunakan uji-t sampel berpasangan untuk membandingkan tingkat efikasi diri peserta sebelum dan 9 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume 10 Nomor 03, September 2025 sesudah mereka berpartisipasi dalam kelompok pendukung. Setelah mengikuti kelompok konseling, efikasi diri siswa meningkat secara signifikan (nilai t = 8,456; p < 0,05), menurut data. Rata-rata skor efikasi diri meningkat secara signifikan, dari terendah 45,2 menjadi tertinggi 68,8. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar dapat memperoleh manfaat dari penggunaan kelompok konseling sebagai intervensi alternatif untuk program konseling dan bimbingan tradisional, karena kelompok konseling dan bimbingan mampu meningkatkan efikasi diri siswa dengan baik. | en_US |
| dc.publisher | umsu | en_US |
| dc.subject | Bimbingan kelompok | en_US |
| dc.subject | efikasi diri | en_US |
| dc.title | EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Guidance and Counseling | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| PDF HALIMAH.pdf | Full Text | 4.62 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.