Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29455
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPUTRI, AURA AMELIA-
dc.date.accessioned2025-10-28T07:20:37Z-
dc.date.available2025-10-28T07:20:37Z-
dc.date.issued2025-08-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29455-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan menganalisis penerapan Uncertainty Reduction Theory (URT) dalam komunikasi interpersonal Guru BK untuk mendorong perubahan perilaku siswa di SMA Dharmawangsa. Remaja Generasi Z usia 15–18 tahun berada pada masa transisi menuju dewasa yang rentan menghadapi berbagai permasalahan pribadi maupun sosial, seperti stres akademik, kurangnya kontrol emosi, dan kesulitan berinteraksi. Kondisi ini menuntut peran Guru BK untuk menghadirkan strategi komunikasi yang tepat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Guru BK dan siswa yang mempunyai masalah pribadi maupun sosial, studi dokumen, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Guru BK menerapkan strategi pasif, aktif, dan interaktif secara konsisten, yang mampu mengurangi ketidakpastian, membangun rasa percaya, serta menciptakan komunikasi terbuka. Penerapan Uncertainty Reduction Theory (URT) berdampak pada meningkatnya keterbukaan, kedisiplinan, dan pengendalian emosi siswa, dengan keberhasilan dipengaruhi motivasi internal, kesiapan, serta dukungan keluarga dan lingkungan.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectUncertainty Reduction Theoryen_US
dc.subjectkomunikasi interpersonalen_US
dc.titlePENERAPAN UNCERTAINTY REDUCTION THEORY DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BK UNTUK MENDORONG PERUBAHAN PERILAKU SISWA DI SMA DHARMAWANGSAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR AURA AMELIA PUTRI.pdfFull Text5.62 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.