Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29449| Title: | PREDIKSI AKURASI TINGKAT KEHADIRAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING: STUDI KASUS MIN 3 SERDANG BEDAGAI |
| Authors: | AULIA, MUHAMMAD DHAFA |
| Keywords: | Prediksi;Tingkat Kehadiran |
| Issue Date: | 13-Sep-2025 |
| Publisher: | umsu |
| Abstract: | Penelitian ini berawal dari permasalahan mendasar terkait pengelolaan data kehadiran peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Serdang Bedagai yang masih menggunakan sistem manual. Metode pencatatan tradisional ini terbukti tidak efisien dan rentan terhadap berbagai kendala, seperti keterlambatan dalam proses rekapitulasi data, kesalahan dalam pencatatan, serta inkonsistensi yang mengakibatkan data menjadi tidak akurat. Akibatnya, pihak madrasah menghadapi kesulitan dalam memantau tren kehadiran siswa secara real-time dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data yang valid. Penelitian ini menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi masalah tersebut dengan membangun sistem berbasis website yang dirancang khusus untuk memantau presensi siswa dan memprediksi tingkat kehadiran di masa depan. Metode peramalan yang diterapkan dalam sistem ini adalah Single Exponential Smoothing (SES). Teknik ini dipilih karena terbukti efektif untuk memprediksi data deret waktu yang memiliki pola stabil tanpa tren musiman. Proses dalam sistem ini terdiri dari serangkaian tahapan otomatis, mulai dari pembersihan data historis, perhitungan prediksi dengan formula SES, hingga evaluasi akurasi hasil prediksi. Empat metrik utama digunakan untuk mengevaluasi secara komprehensif: Mean Absolute Percent Error (MAPE), Mean Absolute Deviation (MAD), Mean Squared Error (MSE), dan Root Mean Squared Error (RMSE). Melalui otomatisasi ini, sistem dapat menyajikan informasi prediktif dengan cepat, tepat, dan bisa diandalkan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan berharga bagi pihak sekolah dalam mengidentifikasi pola kehadiran siswa dan mengambil langkah proaktif untuk meningkatkan disiplin, guna mendukung pengambilan keputusan yang lebih strategis dan efisien. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29449 |
| Appears in Collections: | Information Technology |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| CD SKRIPSI.pdf | Full Text | 3.14 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.