Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29407| Title: | Optimalisasi Hafalan Al-Qur’an Santri melalui Program Metode Tawazun di Ma’had Tahfizhul Qur’an Miftahul Jannah Medan. |
| Authors: | Lubis, Yuspan Jailani |
| Keywords: | Hafalan Al-Qur’an;Metode Tawazun;Optimalisasi;Santri |
| Issue Date: | 14-Aug-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Metode Tawazun adalah pendekatan pembelajaran untuk menghafal Al Qur'an yang menyeimbangkan antara hafalan baru (ziyadah), ulangan harian, dan penguatan hafalan lama secara sistematis dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan implementasi Metode Tawazun, faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, serta dampaknya terhadap kualitas hafalan di kalangan siswa di Ma'had Tahfizhul Qur'an Miftahul Jannah Medan. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data primer dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengasuh dan siswa, serta dokumentasi program hafalan. Data sekunder diperoleh dari arsip program dan referensi terkait. Hasil studi menunjukkan bahwa metode Tawazun memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa. Siswa menjadi lebih konsisten dalam menambahkan hafalan baru sambil mempertahankan hafalan lama, sehingga tercapai keseimbangan antara kuantitas dan kualitas hafalan. Program pemantauan harian dan evaluasi berkala memperkuat efektivitas metode ini. Namun, terdapat tantangan seperti perbedaan kemampuan hafalan siswa dan keterbatasan waktu. Secara keseluruhan, metode Tawazun terbukti efektif dalam mengoptimalkan hafalan Al-Qur'an siswa dan relevan untuk diterapkan di lembaga hafalan lainnya. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29407 |
| Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI_YUSPAN JAILANI LUBIS_2101020072.pdf | Full Text | 1.01 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.