Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29395
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUMMI, ZAITUL-
dc.date.accessioned2025-10-27T07:15:19Z-
dc.date.available2025-10-27T07:15:19Z-
dc.date.issued2025-08-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29395-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program Tahsin Qur‟an di SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan, yang difokuskan pada upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa melalui aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Program ini diselenggarakan sebagai langkah strategis dalam mendukung visi sekolah mencetak lulusan yang unggul dalam ketakwaan, dengan penekanan pada perbaikan bacaan sesuai kaidah tajwid, makhrajul huruf, dan sifatul huruf. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi lapangan, sedangkan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan pengajar tahsin, serta siswa, yang diperkuat dengan observasi langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilakukan melalui rapat kerja, pengelompokan siswa sesuai tingkat kemampuan awal, penentuan metode talaqqi, dan penyediaan sarana pendukung. Pengorganisasian dilaksanakan dengan pembagian tugas yang jelas, sementara proses pembelajaran dengan metode talaqqi memungkinkan adanya koreksi langsung serta evaluasi formatif pada setiap pertemuan dan evaluasi sumatif di akhir semester. Pengawasan dilaksanakan secara rutin oleh kepala sekolah dan guru tahsin, dengan hasil evaluasi memperlihatkan adanya peningkatan signifikan pada aspek kelancaran bacaan, ketepatan makhraj, dan penerapan tajwid siswa. Meskipun demikian, kendala berupa keterbatasan waktu masih menjadi hambatan utama, yang kemudian diatasi melalui latihan mandiri di rumah dan pemanfaatan waktu luang. Secara keseluruhan, program Tahsin Qur‟an ini terbukti berdampak positif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur‟an siswa, meskipun optimalisasi metode dan manajemen waktu tetap diperlukan.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectPengelolaanen_US
dc.subjectProgram Tahsin Qur‟anen_US
dc.titlePENGELOLAAN PROGRAM PEMBELAJARAN TAHSIN QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 58 SUKARAMAI MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ZAITUL UMMI.pdfFull Text2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.