Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29374
Title: Analisis Persepsi Siswa Terhadap Integrasi Hafalan Al-Qur’an dan Pembelajaran Bahasa Arab Di MTS Tahfidz Terpadu Anbata
Authors: Wannur, Zaim
Keywords: Persepsi Siswa;Integras Hafalan Al-Qur’an;Pembelajaran Bahasa Arab;Pendidikan Islam
Issue Date: 12-Sep-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap integrasi antara hafalan Al-Qur’an dan pembelajaran Bahasa Arab di lingkungan pendidikan Islam. Integrasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman linguistik siswa serta memperkuat nilai-nilai spiritual dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi terhadap siswa di salah satu madrasah tsnawiyah berbasis tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap integrasi ini. Mereka merasa bahwa pembelajaran Bahasa Arab menjadi lebih kontekstual dan bermakna ketika dikaitkan langsung dengan teks Al-Qur’an yang mereka hafal. Selain itu, integrasi ini juga membantu meningkatkan motivasi belajar serta memperkuat hafalan melalui pemahaman makna. Namun, beberapa siswa mengungkapkan tantangan dalam hal beban belajar dan perbedaan tingkat kemampuan bahasa yang memengaruhi efektivitas integrasi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum terpadu yang memperhatikan keseimbangan antara aspek linguistik dan spiritual agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29374
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ZAIM WANNUR.pdfFull Text1.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.