Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29276
Title: DAMPAK KUALITAS PELAYANAN, PENGALAMAN PENGUNJUNG DAN PROMOSI DIGITAL TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA KAWASAN EKOWISATA KUTALIMBARU
Authors: MAS RYAN, DHITO PRANATA
Keywords: Wisata;Potensi;Alam;Kelompok
Issue Date: 9-Sep-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Desa Suka Makmur, terletak di Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, memiliki potensi alam yang besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata menarik. Dengan populasi sekitar 3.452 jiwa, sebagian besar penduduk desa adalah petani. Program yang dilaksanakan melibatkan 70 orang dari berbagai kelompok, termasuk pengelola wisata, budidaya lebah, reboisasi, dan pengelolaan limbah plastik. Program ini berhasil mengembangkan beberapa inisiatif, seperti pembentukan kelompok budidaya lebah madu jenis Trigona, penyediaan fasilitas pendukung wisata (toilet, lahan parkir, gapura), reboisasi dengan penanaman 1.200 bibit pohon, serta penemuan kawasan wisata baru di Dusun 10 Tanduk Benua. Website makmurindesa.id dibangun untuk promosi, dan pelatihan pengolahan limbah plastik menghasilkan paving blok. Keberlanjutan program terjamin melalui pengelolaan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang terbentuk, seperti kelompok pengelola wisata dan kelompok tani hutan, serta pengelola limbah yang bekerja sama dengan karang taruna. Pencapaian ini menunjukkan optimasi potensi desa melalui berbagai program yang telah diimplementasikan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/29276
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Mas ryan dhito pranata.pdfFull Text3.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.