Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29273
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorABDURRAHMAN, SYAAMIL RAMADHAN-
dc.date.accessioned2025-10-23T02:45:14Z-
dc.date.available2025-10-23T02:45:14Z-
dc.date.issued2025-09-11-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/29273-
dc.description.abstractMedia sosial telah menjadi sarana utama bagi siswa untuk berinteraksi, mengekspresikan diri, dan membangun citra positif. Instagram sebagai platform visual memberi ruang bagi siswa untuk menampilkan prestasi akademik, kegiatan ekstrakurikuler, maupun gaya hidup yang mendukung identitas digital mereka. Namun, tidak jarang siswa belum menyadari bahwa setiap unggahan merupakan bagian dari jejak digital yang memengaruhi penilaian publik terhadap diri mereka. Melalui teori dramaturgi, dapat dipahami bahwa siswa berperan sebagai aktor yang menampilkan citra ideal di front stage Instagram, sementara sisi personal mereka tersembunyi di back stage. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk menggali bagaimana siswa SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu mengelola kesan dan membentuk citra Islam modern melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap tiga siswa berprestasi yang aktif menggunakan Instagram.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memanfaatkan Instagram sebagai media untuk menampilkan sisi positif diri, baik dalam bentuk prestasi akademik, kegiatan ekstrakurikuler, maupun aktivitas keagamaan. Dalam perspektif teori dramaturgi Erving Goffman, Instagram menjadi front stage di mana siswa berusaha menampilkan citra diri ideal, sementara aspek-aspek pribadi atau masalah personal disembunyikan dalam back stage. Strategi yang dominan digunakan adalah seleksi konten (memilih foto, caption, atau aktivitas yang pantas), pengelolaan komentar, serta penghapusan/penyuntingan unggahan yang tidak sesuai dengan citra diri yang ingin ditampilkan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectCitra Dirien_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectIslam Modernen_US
dc.subjectSiswa SMAen_US
dc.titlePENERAPAN DRAMATURGI DALAM MEMBANGUN CITRA DIRI ISLAM MODERN SISWA SMA MUHAMMADIYAH 9 KUALUH HULU DI INSTAGRAMen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABDURRAHMAN SYAAMIL RAMADHAN_2103110083.pdfFull Text1.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.