Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29269| Title: | PENGARUHMETODEPRAKTEKTERBIMBINGTERHADAP MATERIPERAWATANJENAZAHDALAMPEMBELAJARANPAIDI SMAMUHAMMADIYAH01MEDAN |
| Authors: | AISYAH, AMINI SARAGIH |
| Keywords: | Metode Praktek Terbimmbing;Perawatan Jenazah;Pembelajaran PAI |
| Issue Date: | 26-Jul-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktek terbimbing terhadap pemahaman siswa pada materi perawatan jenazah dalam pendidikan agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Metode praktek terbimbing merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara langsung di bawah bimbingan guru serta diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa, terutama pada materi yang sifstnya praktek seperti perawatan jenazah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pre and post-test. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 92 siswa, yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai pre-test dan post-test setelah penerapan metode praktek terbimbing. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari metode praktek terbimbing dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perawatan jenazah. Dengan demikian, metode praktek terbimbing dapat dijadikan sebagai metode alternatif yang efektif dalam pembelajaran perawatan jenazah, khususnya pada materi yang membutuhkan keterampilan praktik secara langsung. |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/29269 |
| Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI AISYAH AMINI SARAGIH (FINAL).pdf | Full Text | 7.83 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.