Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29224| Title: | Pola Komunikasi Guru SMPN 38 Medan dalam Meningkatkan Perubahan Perilaku Belajar Siswa |
| Authors: | Hanafiah, Raissa Adhwa |
| Keywords: | Pola Komunikasi;Guru;Perilaku Belajar;SMPN 38 Medan;Teori Behaviorisme |
| Issue Date: | 28-Aug-2025 |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memahami pola komunikasi guru di SMP Negeri 38 Medan dalam upaya meningkatkan perubahan perilaku belajar siswa. Latar belakang penelitian didasari oleh pentingnya komunikasi sebagai sarana membangun interaksi edukatif yang tidak hanya berfungsi menyampaikan materi, tetapi juga memengaruhi sikap, motivasi, serta kedisiplinan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri atas kepala sekolah, guru, dan siswa yang dipilih berdasarkan keterlibatan langsung dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pola komunikasi dua arah yang bersifat terbuka, empatik, dan adaptif terhadap karakter siswa. Strategi yang digunakan mengombinasikan komunikasi verbal dengan penggunaan bahasa yang jelas, membangun, dan memotivasi serta komunikasi nonverbal seperti ekspresi wajah, kontak mata, dan gestur yang memperkuat pesan. Pendekatan ini mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman, partisipatif, dan inklusif. Berdasarkan teori Behaviorisme B.F. Skinner, komunikasi guru berperan sebagai stimulus yang memunculkan respons positif siswa berupa peningkatan kedisiplinan, keberanian bertanya, tanggung jawab terhadap tugas, dan keaktifan dalam proses belajar.Selain itu, guru memberikan reinforcement positif melalui pujian, motivasi, dan dukungan personal yang mendorong terjadinya perubahan perilaku belajar secara berkelanjutan. Tantangan yang dihadapi antara lain perbedaan karakter siswa serta latar belakang sosial yang beragam, yang diatasi melalui penyesuaian strategi komunikasi. Penelitian ini menegaskan bahwa pola komunikasi yang efektif merupakan faktor strategis dalam membentuk perilaku belajar positif sekaligus meningkatkan kualitas proses pendidikan. |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/29224 |
| Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI RAISSA ADHWA HANAFIAH.pdf | Full Text | 6.85 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.