Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29217
Title: Faktor-Faktor yang Memepengaruhi Keberhasilan Hafalan Mahasantri di Rumah Tahfiz Cahaya Qur’an Medan Polonia
Authors: Situngkir, Abdul Rasyid
Keywords: hafalan Al-Qur'an;faktor keberhasilan;rumah tahfiz;motivasi
Issue Date: 12-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan hafalan Al-Qur'an pada santri di Rumah Tahfiz Cahaya Qur'an Medan Polonia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya menghafal Al Qur'an sebagai bagian dari pembentukan karakter dan pengembangan spiritual generasi muda, khususnya di kalangan pelajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri atas santri, guru tahfiz (ustaz/ustazah), serta pengelola Rumah Tahfiz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor utama yang memengaruhi keberhasilan hafalan santri, yaitu: motivasi internal santri seperti niat beribadah dan tekad pribadi; lingkungan belajar yang kondusif termasuk dukungan dari guru dan sesama santri; metode pengajaran yang digunakan oleh ustadz/ustadzah; serta manajemen waktu yang efektif antara kegiatan akademik dan hafalan. Selain itu, dukungan keluarga dan kebiasaan muraja'ah juga berperan penting dalam memperkuat hafalan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan hafalan Al-Qur'an di kalangan santri. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi guru, pengelola rumah tahfiz, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung. Penekanan pada sinergi antara motivasi internal dan dukungan eksternal juga memperkuat pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan tahfiz. Selain itu, penelitian ini menambah referensi dalam bidang pendidikan Islam, khususnya dalam konteks pembentukan karakter dan spiritualitas generasi muda. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan hafalan tidak hanya ditentukan oleh kemampuan individu, tetapi juga oleh sinergi antara faktor internal i dan eksternal. Oleh karena itu, pendekatan yang holistik diperlukan dalam membina para penghafal Al-Qur'an agar hasil yang dicapai dapat optimal dan berkelanjutan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/29217
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_2101020127[1] (2) (2).pdfFull Text4.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.