Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29183
Title: PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PHUBBING PADA KELAS VIII SMP NEGERI 44 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025
Authors: FARAH DHITA, PUTRI IRAWANTI ZUHRA
Keywords: Phubbing;Layanan Bimbingan Kelompok;Teknik Behavioral contract
Issue Date: 17-Jun-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik Behavioral Contract dalam upaya menurunkan kecenderungan perilaku Phubbing pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 44 Medan pada Tahun Ajaran 2024/2025. Phubbing merupakan perilaku mengabaikan interaksi sosial akibat ketergantungan terhadap smartphone, yang berdampak pada menurunnya kualitas komunikasi dan hubungan sosial siswa. Pendekatan penelitian yang diadopsi dalam studi ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan penerapan teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Adapun subjek penelitian terdiri atas berjumlah delapan siswa yang teridentifikasi memiliki kecenderungan Phubbing . Intervensi dilakukan melalui layanan bimbingan kelompok dengan penerapan kontrak perilaku diposisikan sebagai suatu bentuk perjanjian formal antara peserta didik dan konselor yang bertujuan untuk memodifikasi perilaku yang tidak diharapkan. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan Behavioral Contract terbukti efektif dalam menumbuhkan kesadaran diri siswa secara signifikan terhadap dampak Phubbing, menumbuhkan kontrol diri, serta memperbaiki keterampilan sosial siswa. Dengan penerapan yang terstruktur dan pemberian penguatan positif, siswa menunjukkan perubahan perilaku ke arah yang lebih adaptif.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/29183
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CD DIFTA.pdfFull Text5.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.