Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29163
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSALIHON-
dc.date.accessioned2025-10-20T01:38:05Z-
dc.date.available2025-10-20T01:38:05Z-
dc.date.issued2025-09-12-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/29163-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi program ISMUBAQUR di SMP Muhammadiyah 3 Medan, 2) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan program ISMUBAQUR di SMP Muhammadiyah 3 Medan, dan 3) mengetahui strategi pengembangan program ISMUBAQUR dalam pembentukan karakter Islami siswa SMP Muhammadiyah 3 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ISMUBAQUR dilaksanakan secara sistematis melalui pembelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Bahasa Arab, dan Al-Qur'an yang dipadukan dengan pembiasaan ibadah dan kegiatan ekstrakurikuler. Faktor pendukung utama meliputi dukungan sekolah, kompetensi guru, dan lingkungan Islami, sementara penghambatnya adalah kurangnya dukungan sebagian orang tua, keterbatasan waktu, dan pengaruh lingkungan luar. Strategi pengembangan dilakukan melalui pembiasaan ibadah, keteladanan guru, pelatihan, keterlibatan orang tua, serta kegiatan tahunan seperti Mabit dan Tahfidz Camp.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectISMUBAQURen_US
dc.subjectStrategi Pengembanganen_US
dc.subjectKarakter Islamien_US
dc.titleSTRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM ISMUBAQUR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SALIHON NPM. 2101020187.pdfFull Text3.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.