Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29147
Title: IMPLIKASI PENDEKATAN KARIR SUPER DALAM MENGOPTIMALKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XII SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN TA. 2024/2025
Authors: FITRY, ANNISYAH
Keywords: Perencanaan Karir;Bimbingan Karir;Pendekatan Donald Super
Issue Date: 26-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan karir super dalam mengoptimalkan perencanaan karir siswa kelas XII SMK Swasta Budi Agung Medan TA. 2024/2025. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat siswa yang perencanaan karirnya sangat rendah. Melalui pendekatan karir super diharapkan perencanaan karir siswa dapat ditingkatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek dengan presentase tertinggi terdapat pada Orientasi Karir (89,33%), diikuti oleh Pengetahuan Keputusan Karir (86,67%) dan Perencanaan Karir (73,33%), yang menandakan sebagian besar siswa telah memiliki arah dan rencana karir yang cukup jelas. Namun, pada aspek Eksplorasi Karir (62,27%) dan Pengetahuan Karir (66,67%), siswa masih berada pada kategori sedang. Adapun capaian terendah pada Realisasi Karir (46,67%). Jadi, penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan karir siswa sebelum mendapatkan pendekatan karir super, dan untuk mengetahui apakah pendekatan karir super dapat mengoptimalkan perencanaan karir siswa. Setelah pendekatan karir Donlad Super diberikan kepada seluruh siswa dapat membantu siswa dalam mengoptimalkan perencanaan karir yang akan mereka pilih. Dari hasil penelitian, implikasi pendekatan karir super dalam mengoptimalkan perencanaan karir siswa kelas XII SMK Budi Agung terbilang cukup efektif dan efisien.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/29147
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
File Skripsi Real Fitry Annisyah.pdfFull Text5.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.