Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29144| Title: | PENGARUH BULLYING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA/I DI KELAS IV MIN 2 MEDAN |
| Authors: | SHOUMI, RAMADHANI |
| Keywords: | Pengaruh Bullying Terhadap Minat Belajar Siswa |
| Issue Date: | 13-Sep-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bullying terhadap minat belajar siswa di kelas IV MIN 2 Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik Sampel penelitian menggunkan teknik jenuh (sensus), di mana seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket (kuesioner), serta analisis data dilakukan dengan menguji hipotesis setelah tahapan selesai seperti penyebaran angket. Untuk memastikan kualitas angket, digunakan uji validitas dan reliabilitas. Dengan perhitungan numerik untuk menarik kesimpulan. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, serta uji parsial (t), koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji parsial, terdapat variabel yang berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (Ho) ditolak. Selain itu, nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel mengindikasikan bahwa Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa bullying memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,625, yang berarti bahwa 62,5% variasi dalam minat belajar (Y) dipengaruhi oleh variabel independen, yaitu minat belajar (X1). Sementara itu, 37,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/29144 |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI SHOUMI REVISI SIDANG 5.pdf | Full Text | 1.56 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.