Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29144
Title: PENGARUH BULLYING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA/I DI KELAS IV MIN 2 MEDAN
Authors: SHOUMI, RAMADHANI
Keywords: Pengaruh Bullying Terhadap Minat Belajar Siswa
Issue Date: 13-Sep-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bullying terhadap minat belajar siswa di kelas IV MIN 2 Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik Sampel penelitian menggunkan teknik jenuh (sensus), di mana seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket (kuesioner), serta analisis data dilakukan dengan menguji hipotesis setelah tahapan selesai seperti penyebaran angket. Untuk memastikan kualitas angket, digunakan uji validitas dan reliabilitas. Dengan perhitungan numerik untuk menarik kesimpulan. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, serta uji parsial (t), koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji parsial, terdapat variabel yang berpengaruh signifikan terhadap minat belajar. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (Ho) ditolak. Selain itu, nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel mengindikasikan bahwa Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa bullying memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,625, yang berarti bahwa 62,5% variasi dalam minat belajar (Y) dipengaruhi oleh variabel independen, yaitu minat belajar (X1). Sementara itu, 37,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/29144
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SHOUMI REVISI SIDANG 5.pdfFull Text1.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.