Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29129
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNUR MAINI, HARAHAP
dc.date.accessioned2025-10-17T02:38:31Z
dc.date.available2025-10-17T02:38:31Z
dc.date.issued2025-08-26
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/29129
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V SD Muhammadiyah 18 Medan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, ditandai dengan peningkatan partisipasi aktif dalam diskusi, kemampuan mengajukan pertanyaan yang menantang, serta penyampaian pendapat yang lebih logis dan sistematis. Pada siklus I keterampilan berpikir kritis siswa berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SD Muhammadiyah 18 Medan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectIPASen_US
dc.subjectPembelajaran Kelas Ven_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 18 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_NURMAINI (1).pdfFull Text3.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.