Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29114| Title: | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE MAKER TERHADAP LITERASI MEMBACA KELAS II DI SD NEGERI 1042024 SAMBIREJO TIMUR |
| Authors: | SUKMAWATI, AMANDA |
| Keywords: | Media Puzzle Maker;Literasi Membaca |
| Issue Date: | 13-Sep-2025 |
| Publisher: | umsu |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Puzzle Maker terhadap literasi membaca siswa kelas II di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya kemampuan literasi membaca siswa yang disebabkan kurangnya variasi media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 22 siswa kelas II yang dipilih dari populasi seluruh siswa kelas II di sekolah tersebut. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes lisan yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi membaca sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada literasi membaca siswa setelah diterapkan media Puzzle Maker. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 55% meningkat menjadi 78% pada posttest. Uji-t menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan nilai thitung 7,495 > ttabel 1,724 dengan taraf signifikansi 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media Puzzle Maker berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi membaca siswa kelas II. Dengan demikian, media Puzzle Maker dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar. |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/29114 |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSIII AMANDA SUKMAWATIII.pdf | Full Text | 5.7 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.