Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29113
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURJAMIL, KHARISMA-
dc.date.accessioned2025-10-16T04:07:26Z-
dc.date.available2025-10-16T04:07:26Z-
dc.date.issued2025-06-17-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/29113-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat konsep diri pada siswa. Dalam proses pembelajar, masih ditemui siswa yang menunjukkan kurangnya kepercayaan diri saat berbagi pendapat, merasa tidak berharga, serta menghadapi kesulitan dalam berinteraksi sosial dan menghadapi tantangan akademis. pendekatan yang diberikan oleh guru dianggap masih belum optimal, sehingga tidak sepenuhnya membantu siswa untuk mengenali serta mengembangkan potensi diri mereka secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pendekatan kognitif dapat meningkatkan konsep diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 57 Medan Timur T.P 2024/2025. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendekatan kognitif, sementara variabel dependen adalah konsep diri siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan uji T, menggunakan Paired Sample T-Test setelah melewati uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Ini berarti 0,000> 0,05. Dengan demikian, Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari Pengaruh pendekatan kognitif terhadap peningkatan konsep diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan Timur.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPendekatan Kognitifen_US
dc.subjectKonsep Diri Siswaen_US
dc.titlePENGARUH PENDEKATAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN TIMUR T.P 2024/2025en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KHARISMANURJAMILAH FIKS.pdfFull Text6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.