Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29110
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorARDIANSYAH, DEDEK-
dc.date.accessioned2025-10-16T03:27:02Z-
dc.date.available2025-10-16T03:27:02Z-
dc.date.issued2025-08-15-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/29110-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hal hal berikut: (1) dampak Compliance Shariah terhadap Kepuasan Nasabah; (2) dampak Spiritual Marketing terhadap Kepuasan Nasabah; dan (3) dampak Syariah dan Spiritual Marketing terhadap Kepuasan Nasabah di PT BPRS Al-Washliyah Medan. Sebanyak 850 nasabah pemegang akad pembiayaan aktif (2022-2024) digunakan dalam analisis kuantitatif penelitian ini. Sebanyak 89 responden disurvei dengan menggunakan rumus Slovin (margin kesalahan 10%). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner skala Likert dan dianalisis dengan menggunakan metrik berikut: validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, Shariah Compliance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (t-hitung = 4,603 > t-tabel = 1,987; signifikansi 0,000 < 0,05). Secara parsial, Spiritual Marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (t-hitung = 3,630 > t-tabel = 1,987; signifikansi 0,000 < 0,05). Secara simultan, Shariah Compliance dan Spiritual Marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (F-hitung = 188,950 > F-tabel = 2,36;) dengan kontribusi 12% (R² = 0,120) kedua variabel independen tersebut dalam menjelaskan kepuasan nasabah adalah sebesar 12%, yang ditunjukkan oleh nilai Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,120, sementara sisanya 88% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectShariah Complianceen_US
dc.subjectSpiritual Marketingen_US
dc.subjectTerhadap Kepuasan Nasabahen_US
dc.titlePENGARUH SHARIAH COMPLIANCE DAN SPIRITUAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH Pada PT BPRS Al-Washliayah MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Sharia Management Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dedek_Ardiansyah_Skripsi.pdfFull Text6.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.