Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29084
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNADIA, HUMAIRA SINAGA-
dc.date.accessioned2025-10-15T03:54:18Z-
dc.date.available2025-10-15T03:54:18Z-
dc.date.issued2025-08-26-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/29084-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh metode Role Playing terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD 056020 Pematang Rambai, dan (2) mengetahui seberapa besar pengaruh metode Role Playing terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD 056020 Pematang Rambai. Minat belajar siswa yang rendah menjadi masalah utama dalam pembelajaran IPAS, sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD 056020 Pematang Rambai yang berjumlah 15 siswa. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta dokumentasi nilai pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji-t berpasangan dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji-t berpasangan yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Besarnya dampak penggunaan metode Role Playing pada rata-rata skor minat belajar terlihat dari peningkatan nilai rata rata siswa sebelum perlakuan (pretest) sebesar 62,60 menjadi 82,80 setelah perlakuan (posttest), meningkat sebesar 20,20 poin. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode Role Playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif siswa, menjadikan proses pembelajaran lebih menarik, bermakna, dan menumbuhkan antusiasme terhadap materi yang diajarkan. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru mengintegrasikan metode Role Playing sebagai salah satu strategi pembelajaran. Penerapan metode ini tidak hanya dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa, tetapi juga mendorong terciptanya pengalaman belajar yang lebih interaktif, kreatif, dan berpusat pada siswa. Dengan demikian, proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih mendalam serta menumbuhkan rasa percaya diri dan motivasi belajar yang berkelanjutan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectMetode Role Playingen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectIPASen_US
dc.titlePENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD 056020 PEMATANG RAMBAIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Nadia - PGSD (07 September 2025) (1).pdfFull Text5.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.