Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29061
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIrawan, Axl Jasmine-
dc.date.accessioned2025-10-14T11:06:59Z-
dc.date.available2025-10-14T11:06:59Z-
dc.date.issued2025-08-28-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/29061-
dc.description.abstractKesadaran masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan faktor penting dalam mendukung peningkatan pendapatan asli daerah. Namun, masih ditemukan masyarakat yang kurang memahami pentingnya kewajiban tersebut, sehingga berdampak pada rendahnya tingkat kepatuhan dalam pembayaran PBB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Medan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar PBB. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi dan teori kesadaran masyarakat sebagai landasan analisis. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap empat informan, yaitu dua orang dari pihak Bapenda (Kepala Sub Bidang Umum dan Kepala Sub Bidang Pajak Bumi dan Bangunan) serta dua orang wajib pajak dari masyarakat. Analisis data adalah proses penelitian yang dilakukan setelah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi dari hasil penelitian secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan Bapenda bersifat informatif, persuasif, regulatif, dan integratif. Strategi tersebut dilakukan melalui media cetak, media sosial, penyampaian surat pemberitahuan, serta pendekatan langsung melalui kepala lingkungan dan kegiatan jemput bola seperti mobil pelayanan keliling. Dari sisi masyarakat, diketahui bahwa tingkat kesadaran masih beragam. Wajib pajak yang lebih tua cenderung lebih patuh, sementara generasi muda masih kurang memahami urgensi membayar PBB. Dengan strategi komunikasi yang lebih intensif dan melibatkan berbagai pihak, Bapenda mampu mendorong peningkatan pemahaman dan kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajibannya.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectBapenda Kota Medanen_US
dc.subjectStrategi Komunikasien_US
dc.subjectKesadaran Masyarakaten_US
dc.subjectPajak Bumi dan Bangunanen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Badan Pendapatan Daerah Kota Medan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Bumi dan Bangunanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AXL JASMINE IRAWAN.pdfFull Text10.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.