Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29045Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | MAHYANI HARAHAP, RISDA | - |
| dc.date.accessioned | 2025-10-14T03:18:13Z | - |
| dc.date.available | 2025-10-14T03:18:13Z | - |
| dc.date.issued | 2025-09-12 | - |
| dc.identifier.issn | issn | - |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/29045 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman komunikasi pimpinan dengan guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Percontohan Tebing Tinggi. Komunikasi efektif merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi kinerja guru, baik dalam proses belajar mengajar maupun dalam peningkatan mutu pembelajaran. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi pimpinan, peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran, serta pemahaman komunikasi antara pimpinan dengan guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan kualitatif dipilih karena mampu menggali pemahaman mendalam terkait fenomena sosial yang terjadi di lingkungan madrasah, khususnya dalam konteks komunikasi antara pimpinan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah mengutamakan komunikasi terbuka dan transparan, baik secara verbal maupun nonverbal. Komunikasi tersebut berdampak positif terhadap motivasi dan semangat kerja guru, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya kendala dalam pemahaman komunikasi yang digunakan oleh guru, seperti keterbatasan keterampilan komunikasi, perbedaan bahasa dan budaya, kondisi lingkungan kelas, serta penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Komunikasi yang baik dari kepala madrasah, berupa komunikasi terbuka, pemberian umpan balik konstruktif, pemberdayaan guru melalui pelatihan, dan pemanfaatan teknologi, sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru serta mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Percontohan Tebing Tinggi. | en_US |
| dc.subject | Komunikasi | en_US |
| dc.subject | Pimpinan | en_US |
| dc.subject | Guru | en_US |
| dc.subject | Mutu Pembelajaran | en_US |
| dc.title | ANALISIS PEMAHAMAN KOMUNIKASI PIMPINAN DENGAN GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PERCONTOHAN TEBING TINGGI | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Master of Communication Science | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| TESIS RISDA MAHYANI HARAHAP 2320040005.pdf | 6.23 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.