Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29040| Title: | ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KOMPETENSI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMSU |
| Authors: | CECILIA, PUTRY |
| Keywords: | Teknologi Artificial Intelligence;Kompetensi Akademik |
| Issue Date: | 22-Aug-2025 |
| Publisher: | umsu |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat teknologi Artificial Intelligence (AI) terhadap kompetensi akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dari seluruh populasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi stambuk 2021–2023 dengan jumlah 61 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dengan skala Likert 1–5, dan data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, seperti mempermudah akses informasi, membantu memahami materi kuliah, serta mendukung penyelesaian tugas akademik secara lebih efektif. Selain itu, AI juga mendorong peningkatan motivasi belajar dan rasa percaya diri mahasiswa. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya kecenderungan ketergantungan terhadap AI yang dapat mengurangi kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi AI memberikan manfaat signifikan dalam menunjang kompetensi akademik mahasiswa, tetapi perlu digunakan secara bijak agar tidak menimbulkan dampak negatif. |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/29040 |
| Appears in Collections: | Accounting Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI PUTRY CECILIA.pdf | Full Text | 3.26 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.