Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29038Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | Tirana, Tashya Natiyu | - |
| dc.date.accessioned | 2025-10-14T02:51:08Z | - |
| dc.date.available | 2025-10-14T02:51:08Z | - |
| dc.date.issued | 2025-07-07 | - |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/29038 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas layanan bimbingan kelompok yang menerapkan teknik role playing dalam meningkatkan self control siswa kelas VIII di SMP Swasta Sinar Husni pada tahun ajaran 2024–2025. Latar belakang penelitian ini berakar pada fenomena rendahnya self control di kalangan sejumlah siswa, yang berkontribusi pada perilaku menyimpang, seperti tawuran, pencurian, dan keterlibatan dalam geng motor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan Quasi Experimental Design serta desain Pretest-Posttest Control Group. Sampel penelitian terdiri dari 16 siswa, yang terbagi menjadi 8 siswa dalam kelompok eksperimen dan 8 siswa dalam kelompok kontrol. Pemilihan sampel dilakukan melalui teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket Skala Likert Self Control yang telah melalui proses uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menerapkan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Samples. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam self control pada kelompok eksperimen setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Sebaliknya, peningkatan yang terjadi pada kelompok kontrol tidak menunjukkan signifikansi. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok yang menggunakan teknik role playing terbukti efektif dalam meningkatkan self control siswa. | en_US |
| dc.publisher | umsu | en_US |
| dc.subject | Bimbingan Kelompok | en_US |
| dc.subject | Role Playing | en_US |
| dc.title | EFEKTIVITASLAYANANBIMBINGANKELOMPOKDENGAN TEKNIKROLEPLAYINGUNTUKMENINGKATKAN SELFCONTROLSISWAKELASVIII SMPSWASTASINARHUSNI TAHUNAJARAN2024-2025 | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Guidance and Counseling | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI_TASHYA NATIYU TIRANA.pdf | Full Text | 5.63 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.