Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29032
Title: Pola Komunikasi Behavioristik Guru Dalam Pengembangan Siswa Secara Holistik Di MIN 2 Kota Medan
Authors: Putri, Adella Natasya
Keywords: Pola Komunikasi;Behavioristik;Guru;Pengembangan Holistik;MIN 2 Kota Medan
Issue Date: 11-Sep-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas komunikasi guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif serta mendukung pengembangan siswa secara menyeluruh, baik pada aspek kognitif, afektif, sosial, emosional, maupun spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pola komunikasi behavioristik yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran dan peranannya dalam pengembangan siswa secara holistik di MIN 2 Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pola komunikasi behavioristik dengan penguatan positif berupa pujian, hadiah sederhana, dan tepuk tangan, serta penguatan negatif melalui teguran edukatif yang tidak bersifat fisik. Komunikasi dilakukan secara verbal dan nonverbal dengan gaya demokratis, yang memberi ruang bagi siswa untuk berpendapat sekaligus menumbuhkan kedisiplinan. Pola komunikasi tersebut terbukti meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, kedisiplinan, serta membentuk karakter religius dan tanggung jawab siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi behavioristik guru berperan signifikan dalam mendukung pengembangan siswa secara holistik.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/29032
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ADELLA NATASYA PUTRI.pdfFull Text3.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.