Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29028
Title: Analisis Komunikasi Visual Interior Vintage Dalam Menarik Minat Konsumen Di Coffee Shop 117 Medan
Authors: Hasibuan, Syifa Syahirah
Keywords: Komunikasi Visual;Interior Vintage;Minat Konsumen;Coffeeshop
Issue Date: 28-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya interior vintage coffeeshop 117 Medan dalam menarik minat konsumen ditengah maraknya coffeeshop di kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi visual interior vintage yang diterapkan coffeeshop 117 Medan dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan berbagai metode pengumpulan data, seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini yaitu owner, headbar dan konsumen coffeeshop 117 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen-elemen dalam komunikasi visual seperti perabotan klasik, warna pastel, pencahayaan redup, dan tata ruang terbuka menciptakan atmosphere yang mendalam serta menghasilkan narasi visual. Mengacu pada teori naratif Walter Fisher, desain interior bergaya vintage di Coffeeshop 117 berfungsi dalam mengembangkan alur cerita ruangan yang mampu menyampaikan rasa nostalgia dan kenyamanan kepada para konsumen. Platform media sosial juga meningkatkan pengalaman visual tersebut, menjadikan coffeshop ini sebagai lokasi yang tidak hanya menyajikan kopi, tetapi juga menawarkan suasana estetika yang klasik. Komunikasi visual dari interior vintage memiliki pengaruh besar terhadap daya tarik dan kenyamanan konsumen, serta memperkuat identitas merek coffeeshop 117 di Medan.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/29028
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SYIFA SYAHIRAH HASIBUAN_2103110030.pdfFull Text4.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.