Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29018Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | NURJANNAH | - |
| dc.date.accessioned | 2025-10-13T03:50:55Z | - |
| dc.date.available | 2025-10-13T03:50:55Z | - |
| dc.date.issued | 2025-08-30 | - |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/29018 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII. Metode pembelajaran Index Card Match merupakan pendekatan yang menyesuaikan proses belajar dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar peserta didik, sehingga dapat meningkatkan pemahaman serta hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Analisis instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data memanfaatkan uji Paired Samples Correlation dan Paired Samples T-Test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pre-test sebelum penerapan penggunaan pembelajaran Index Card Match sebesar 61,2, sedangkan rata-rata nilai post-test setelah penerapan metode tersebut meningkat menjadi 84,8. Nilai Signifikansi (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,01 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Index Card Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Muhammadiyah 50 Medan. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | Pengaruh | en_US |
| dc.subject | Metode Pembelajaran Index Card Match | en_US |
| dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
| dc.title | PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 50 MEDAN | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Islamic Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 2101020154.pdf | 6.52 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.