Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29013| Title: | PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI SANGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) DI KOTA BINJAI TAHUN AJARAN 2022/2023 |
| Authors: | ASTRI ICHSAN, SYAMROSA SIMANJUNTAK |
| Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok;Minat Belajar;Cognitive Behavior Therapy |
| Issue Date: | 27-May-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini mengidentifikasi bahwa minat belajar siswa di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Binjai mengalami penurunan yang signifikan, terutama setelah pembelajaran tatap muka dimulai kembali. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya motivasi siswa untuk belajar, seringnya siswa mengobrol selama jam pelajaran, serta adanya siswa yang tidak masuk sekolah tanpa alasan yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa di SKB Kota Binjai pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan siswa dan guru bimbingan konseling. Penelitian dilaksanakan di SKB Kota Binjai dengan melibatkan siswa yang mengalami penurunan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa. Siswa yang mengikuti bimbingan kelompok menunjukkan peningkatan dalam hal pemahaman materi, keterlibatan dalam diskusi, dan motivasi untuk mengerjakan tugas. Observasi dan wawancara pasca layanan menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan antusias dalam belajar. |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/29013 |
| Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI BAB123 ASTRI CANTIK TAPI ALAY (1).pdf | Full Text | 2.07 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.